Rabu, 16 November 2016

"HANYA BAB 7 YANG BERDASAR EP, BAB LAINNYA SISTEM PAK"

           Judul diatas adalah informasi yang saya dapat ketika melakukan kaji banding ke satu Puskesmas di Pulau Jawa tepatnya di kabupaten Kulon Progo Jogjakarta. bagi tim puskesmas yang melakukan kaji banding sebagian masih belum "ngeh" alias belum terlalu mengerti apa maksud dari kalimat pimpinan Puskesmas tersebut. bagi saya sendiri, saya harus menelaah dan menelusur kembali dokumen pelatihan pendamping puskesmas saya agar ini dapat dipahami. ketika saya dalami ternyata tidak terlalu jauh dari pemahaman saya selama ini akan akreditasi FKTP ini.

            kajian kali ini sangat terkait dengan bahasan saya sebelumnya (akreditasi puskesmas antara sistem dan dokumen?). setelah dikaji ternyata dalam instrumen penilaian akreditasi yang terdiri atas 9 BAB, tiap BAB ada standar dan kriteria, dan setiap standar terdiri lagi atas beberapa elemen penilaian (EP). coba perhatikan lagi intrumen akreditasi dan pemetaan dokumen yang telah saya share sebelumnya. bila kita perhatikan BAB 1-9 kecuali Bab 7, saling berkaitan dan berhubungan. merupakan suatu sistem yang berpola PDCA, ada suatu kendali mutu di setiap kegiatan yang bergerak dalam suatu proses kegiatan itu sendiri. misalnya; tentang kegiatan pelayanan (example: posyandu), dari perencanaan kegiatan (RTP, RUK, dan RPK bab 1, dan bab 4), pelaksanaan kegiatan (bab 1, bab IV, bab V), evaluasi kegiatan dan Rencana tindak lanjut (minlok, peningkatan mutu) saling berkaitan bab 1, bab 3, bab 4, 5 dan 6 serta bab 9.
              kenapa BAB 7 berdasarkan elemen penilaian ?, pertanyaan ini yang selanjutnya muncul. berdasarkan telaah terhadap instrumen akreditasi bab 7 tentang Pelayanan Klinis yang berorientasi ke Pasien, penulis mempersepsikan pada Bab ini fokus pada layanan kuratif yang dilakukan puskesmas. suatu layanan kuratif diwajibkan harus mengikuti standar yang telah ditetapkan secara ilmu pengetahuan dan peraturan perundangan. sehingga setiap elemen penilaian akan ditelaah dokumennya.seluruh kegiatan yang dilakukan terhadap perseorangan/individu harus mempunyai standar yang jelas, sehingga tercipta pelayanan yang  bermutu. pada bab ini, sebuah tindakan terhadap pasien dengan diagnosa yang sama di semua tempat harus sama juga. tindakan yang dilakukan mesti mengikuti standar yang telah dibakukan. bab ini sangat terkait dengan HAK dan Kewajiban Pasien serta Hak dan Kewajiban Medis dan Paramedis.

20 komentar:

  1. terima kasih banyak atas semuanya, ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah.. terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  2. kALO BOLEH bantu dibuatkan contoh contoh menggunakan konsep PDCA..biar implementatif tdk ber EP ria..tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas masukan dan kunjungannya.. oke.. kita susun dulu gan ya..

      Hapus
  3. Assalamu Alaikum.perkenalkan saya Husni Dari Sulawesi Barat.Apa boleh saya minta Identifikasi Pokja 3 terdiri dari Bab 1 sampai 3.makasi sebelumnya.artikel bapak sangat membantu kami.Email Saya huzniadj86@Gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kunjungannya.. maaf terlambat.. saat ini sibuk dalam pendampingan.. ok.. email segera meluncur

      Hapus
    2. Saya jg berharap bisa dikirimi identifikasi pokja 1 bab 1, 2 dan 3
      Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
      Email saya :syeikh.blackdevil@gmail.com.

      Hapus
  4. Alhamdulillah..terima kasih artikelnya sangat membantu..puskes sy sedang persiapan akred..mohon dikirim email bab 1 sd 9 bs ga pak?saya adinda nuri dari jawa tengah..terima kasih..email adindanuri848@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya... maksud nya instrumen akreditasi atau apanya mbak?

      Hapus
  5. Iya pak maksud saya instrumen akreditasinya..maaf merepotkan pak..oya nnt kalau saya dah mulai penyusunan dokumen,kak, sop dll boleh jg diksh contohnya di puskes bapak ga?terima kasih..

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum.. Kenalkan nama saya dewi dari puskesmas aek batu labusel. Kalau boleh saya mohon bapak bersedia mengirimkan via email gumilardewi@gmail.com ttg identifikasi pokja bab 7,8,9. Terimakasih banyak atas bantuannya pak.

    BalasHapus
  7. Artikelnya sangat membantu, bolehkah kami minta contoh konsep PDCA juga seperti komen diatas, kh45py@gmail.com, kalteng, tks byk pak

    BalasHapus
  8. artikelnya sangat membantu, kalau boleh mohon untuk dokumen bab 7, 8 dan 9 di kirim via email. monemon730@gmail.com, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  9. Assalualaikum mas ucil, mohon bantuannya saya minta identifikasi pokja bab 789 ke galihlazuardy98@gmail.com, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. bagus
    sedia dokumen akreditasi
    silahkan kunjungi blog ,akreditasi puskesmas mudah
    semangat

    BalasHapus
  11. bagus
    sedia dokumen akreditasi
    silahkan kunjungi blog ,akreditasi puskesmas mudah
    semangat

    BalasHapus
  12. alhamdulillah tambah masukan buat kita yang baru mau mulai akreditasi....terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  13. Assalamu alaikum mohon bantusnnya klo boleh mohon minta bantuan dokumen untuk UKP bab 7 di email. Najar.sapan@gmail.com

    BalasHapus
  14. Sy bisa di emailkan utk bab 7,8,9 nya? Kebetulan sy lg proses akrditasi mau kaji banding. Bs kirim contoh kaji banding nya? Thx

    BalasHapus